Posted by : Unknown Minggu, 05 April 2015

Studi Kasus :


STUDI KASUS ANALISA SISTEM BERJALAN

A. Prosedur Order Penjualan
Setiap konsumen dapat memesan barang datang langsung atau melalui faximile dengan menyertakan dokumen PO yang diterima oleh bagian penjualan. Kemudian bagian penjualan berdasarkan PO, memeriksa pesanan barang dengan menggunakan Arsip Kartu stock, apabila stock barang ada maka nilai penjualan dihitung dan dicatat kedalam faktur penjualan yang dibuat rangkap 4 (empat) untuk diserahkan ke Kasir dan data-data penjualan diarsipkan.

B. Prosedur Pembayaran Tunai
Setelah konsumen mendapat konfirmasi tentang pesanan pembelian disetujui, maka konsumen melakukan transaksi pembayaran melalui transfer uang ke bank yang ditunjuk dengan bukti setoran. Berdasarkan bukti setoran, kasir membuka arsip penjualan yang dicocokkan dengan bukti setoran. Apabila sesuai dengan nilai penjualan maka dibuatkan kwitansi lunas, merekap nilai penjualan harian. Distribusi dokumen-dokumen berdasarkan nilai transaksi penjualan sebagai berikut : untuk kwitansi dan faktur penjualan di berikan kepada customer. Dan copy faktur diberikan ke bagian penjualan sedangkan lembar faktur berikutnya di arsipkan

C. Prosedur Pengiriman Barang
Bagian penjualan kemudian membuka arsip faktur penjualan untuk menyiapkan barang-barang yang akan dikirim dan mencatatnya ke dokumen Surat Jalan untuk selanjutnya diserahkan ke Bagian Pengiriman yang bertugas mengirim barang ke konsumen.

D. Prosedur Pembuatan Laporan
Setiap akhir periode Bagian Penjualan membuat Laporan Penjualan Bulanan berdasarkan rekap penjualan harian dan faktur penjualan serta laporan Stok Barang Keluar berdasarkan Kartu Stok. Kedua laporan tersebut diberikan kepada Manajer Penjualan untuk proses evaluasi penjualan selama satu bulan.
                                                                                   
Gambarkan DAD berjalan yang terdiri dari L
Diagram Konteks
Diagram Nol

Diagram Detail

A.   DIAGRAM KONTEKS



Keterangan :
PO : Purchase Order
FP : Faktur Penjualan
LPB : Laporan Pengeluaran Bulanan
LSB : Laporan Stok Barang


   B. DIAGRAM NOL



C.   Diagram Detail
-Diagram Detail 1.0 



-Diagram Detail 2.0





- Diagram Detail 4.0


{ 1 komentar... read them below or add one }

  1. Fabrique's NanoTiTiTi Titanium Flat Iron | Titanium-Arts
    Titanium-Arts: The T-Barber, toaks titanium 750ml pot the T-Barber. titanium wedding bands Fabrique's is the titanium bolts finest samsung galaxy watch 3 titanium T-Barber. T-Barber is the finest T-Barber. T-Barber is the finest T-Barber. ceramic or titanium flat iron

    BalasHapus

- Copyright © Novatriraa - Skyblue - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -